Monday, June 18, 2007

Test kesehatan untuk RP (Resident Permit )

Doha,18 Juni 2007

Pagi-pagi kami berempat menuju rumah sakit di Abu Hamour untuk test kesehatan dalam rangka persyaratan untuk membuat Resident Permit.Surat pengantar dari kantor suami,passport,copy visa,foto dan syarat2 lain sudah kami siapkan sebelumnya.Dari apartement kami berangkat sekitar jam 6 pagi dengan membawa bekal makanan untuk berbuka (karena disyaratkan puasa) dan untuk makan anak2.Karena menurut cerita,tahap ini memakan waktu lumayan lama dan membosankan.

Sampai di rumah sakit sekitar jam 7 pagi.Masuk lewat pintu "for female" tapi khusus untuk keluarga (bukan tenaga kerja).Disambut oleh petugas security yang jg wanita,kemudian setelah menanyakan prosedurnya maka :
1. Masuk ke bagian kiri ruangan untuk mendata kapan menstruasi terakhir dan no telepon.
2. Antri di loket untuk pemeriksaan dokumen dan membayar 100QR untuk tiap anggota kelg.
3. Ke bagian pendaftaran untuk "blood test",di bagian ini diberikan tabung untuk tempat darah untuk diserahkan ke bagian pengambilan darah.
4. Selanjutnya pemeriksaan X-Ray.Di bagian ini antrian udah mulai banyak.Ganti baju khusus untuk pemeriksaan X-Ray.Jangan lupa semua asesoris dilepas,bagi yang memakai jilbab yang berambut panjang harus dipersiapkan membawa ikat atau jepit rambut agar rambut bisa diikat keatas.
5. Bagi yang mempunyai anak berikutnya menuju loket 8 untuk minta cap pada dokumen anak.
6. Finish!

Akhirnya selesai juga proses yang "kata orang menyebalkan".Karena biasanya ada kejadian aneh atau tidak mengenakkan di tempat ini.Menyangkut antrian,servis para petugas dan hal2 yang diluar dugaan kita.
Tapi alhamdulillah pada tahap ini saya diberi kemudahan oleh Allah sehingga bisa lancar dan cepat,hanya memakan waktu 1,5jam saja.

Saran :
1. Datang pagi2 sekali untuk meminimalkan antrian,karena kalo kesiangan sedikit aja maka antrian akan sangat panjang dan membosankan.
2. Ikuti semua instruksi petugas di rumah sakit,kalo tidak tau jangan sok tau,mending tanya ke petugas jangan ke sesama pengantri (bisa jadi mereka juga tidak tau atau malah memberikan informasi yang salah) akan sangat fatal akibatnya.

2 comments:

alung said...

Assalamualaykum....
salam kenal mbak dina,kalo untuk saya buat visa ke qatar cek kesehatannya di jkt dimana ya mbak atau ada rumah sakit mbak
tolong hub di email saya
adda_jambi@yahoo.com
makasih :)

ira khairani said...

Cek kesahatannya harus disini mba/mas, maksudnya di medical commission dep qatar, CMIIW.