Sunday, September 9, 2007

Ulang Tahun Danang (Perjuangan menanam tauge sendiri)

Doha,7 September 2007

Anakku yang pertama,Danang ulang tahun hari ini.Seminggu yang lalu aku dibuat bingung dengan urusan menu apa yang harus kubuat.Pertama2 aku gak berniat untuk masak2 yang merepotkan,paling2 nanti pesan snack cukup.Tapi begitu hari Rabu malam (5 Sept),tiba2 dapat ide untuk masak soto daging.Yup . . soto lumayan sederhana masaknya,itu pikiranku mula2.
Setelah membuat daftar apa aja yang harus kubeli ternyata ada satu komponen soto yang agak susah didapat di Qatar ini.Tauge . . .
Alhasil Rabu malam itu langsung "kubeternak" tauge.Rendam kacang hijau dengan air semalaman.Kemudian paginya kutanam di kapas basah dan kututup dengan kain basah.Sambil harap2 cemas kulihat terus perkembangan taoge dari jam ke jam :-).
Kamis pagi,kacang hijaunya udah mulai pada pecah pertanda akan keluar batang taugenya.
Kamis siang,beberapa batang tauge udah mulai menyembul keluar.Setiap kain tutupnya kering kurendam lagi dengan air dan kusiram media taugenya dengan percikan air.
Jumat pagi,wah ternyata lumayan juga nih perkiraanku ternyata nggak meleset.Begitu siang hari habis jumatan tauge sudah siap dipanen dan sorenya sudah bisa dimakan.
Walaupun kelihatan sepele tapi kurasa ini adalah perjuangan masakku yang paling mendebarkan.Karena kalo tauge gak siap panen jumat siang maka apa kata tamuku nanti kalo soto tanpa tauge.

3 comments:

Unknown said...

Wah ...adikku yg satu ini bener2 ibu rumah tangga yg kreatif n cepat tanggap. Salut, Din Btw, sorry berat ya Din, yuk Diah lupa kasih ucapan selamat buat mas Danang. Ga ngeh....hehehehe

Wulan said...

Mbak Dina, masih ingat aku ga? kita pernah ketemuan sekali dirumahnya mbak Yesha, wah mbak Dina udah jauh ya, eniwei enak ga mbak tinggal di Qatar? masih mau balik ke indo lagi? ato udah betah selamanya disana? :)

Wulan said...

o iya mbak, selamat ulang tahun juga ya buat Danang :) and ide yang cemerlang tuh menanam taoge sendiri :)